Komite Audit

Panduan Kerja

Komite Audit merupakan komite yang dibentuk oleh Dewan Komisaris untuk membantu Dewan Komisaris melakukan pengawasan atas pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Komite Audit bertanggung jawab secara langsung kepada Dewan Komisaris untuk memberikan petunjuk dan masukan yang objektif serta professional kepada Dewan Komisaris.

Pada tanggal 31 Desember 2017, susunan anggota Komite Audit terdiri dari 1 (satu) orang ketua dan 2 (dua) orang anggota. Komite Audit diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris Perusahaan berdasarkan surat keputusan Dewan Komisaris. Adapun susunan Komite Audit Perusahaan adalah sebagi berikut :

Ketua : Michael Karnady
Anggota : Drs. Herbudianto, Ak.
Anggota : Toni Setioko


Michael Karnady

Warga Negara indonesia, berusia 45 tahun, memiliki gelar Sarjana Teknik Industri dari California State University, Fresno, USA. Menjabat sebagai Ketua Komite Audit untuk masa jabatan hingga tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Perusahaan. Beliau saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Independen Perusahaan (2015-sekarang), Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi Perusahaan (2015-sekarang), Direktur Utama PT Mata Air Boga Lestari (2001-sekarang), Direktur PT Berkat Gas Mitra Selaras (2008-sekarang) dan Managing Director PT Penta Cipta Selaras (2008-sekarang).

Drs. Herbudianto

Warga Negara Indonesia, 62 tahun, memiliki gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Menjabat sebagai anggota Komite Audit untuk masa jabatan sampai dengan tahun 2022. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Penilaian Perusahaan Jasa Non-Keuangan, Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa (1991-2012). Pada saat ini menjabat sebagai anggota Komite Audit PT Soechi Lines Tbk (2014-sekarang), PT Wismilak Intimakmur Tbk (2013-sekarang) dan PT Mega Manunggal Property Tbk (2015-sekarang), Komisaris Independen PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (2015-sekarang), PT Lippo Securities Tbk (2013-sekarang) dan PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (2012-sekarang), serta sebagai Associate Partner PT Eagle Capital (2013-sekarang).

Toni Setioko

Warga Negara Indonesia, 53 tahun, memiliki pengalaman dalam bidang audit, akuntansi, keuangan, pasar modal dan perpajakan. Menjabat sebagai Anggota Komite Audit untuk masa jabatan sampai dengan tahun 2022. Beliau memulai kariernya di PT Inti Salim Corpora, kemudian berkarier sebagai auditor di Prasetio, Utomo & Co. (Arthur Andersen) (1990 – 1996) dan di PT vickers Ballas Indonesia (1996 – 2000). Saat ini beliau menjabat sebagai Principal Adviser dan Pemilik PT Fides Pro Consulting, Anggota Komite Audit di PT Pan Brothers Tbk dan PT Citra Mineral Investindo serta Komisaris Independen di PT Panorama Sentrawisata Tbk.

Seluruh anggota Komite Audit adalah pihak yang independen, yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya. Komite Audit melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara professional dan independen. Ketua dan Anggota Komite Audit tidak mempunyai hubungan yang terafiliasi dengan kantor akuntan publik yang melakukan audit atas laporan keuangan Perusahaan, serta telah memenuhi persyaratan sebagaimana yang dinyatakan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.



Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi merupakan komite yang dibentuk oleh Dewan Komisaris untuk membantu Dewan Komisaris dalam rangka menjalankan fungsi nominasi dan remunerasi untuk Direksi dan Dewan Komisaris. Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris.


Komposisi Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi terdiri dari 1 orang ketua dan 2 orang anggota. Pembentukan dan komposisi Komite Nominasi dan Remunerasi sudah sesuai dengan POJK No. 34/POJK.04/2014 tentang Pembentukan Komite Nominasi dan Remunerasi Emiten atau Perusahaan Publik.


Profil Komite Nominasi dan Remunerasi

Michael Karnady
Ketua

Warga Negara indonesia, berusia 45 tahun, memiliki gelar Sarjana Teknik Industri dari California State University, Fresno, USA. Menjabat sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi untuk masa jabatan hingga tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Perusahaan. Beliau saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Independen Perusahaan (2015-sekarang), Ketua Komite Komite Audit Perusahaan (2015-sekarang), Direktur Utama PT Mata Air Boga Lestari (2001-sekarang), Direktur PT Berkat Gas Mitra Selaras (2008-sekarang) dan Managing Director PT Penta Cipta Selaras (2008-sekarang).


Kentjana Widjaja
Anggota

Warga Negara Indonesia, berusia 71 tahun, memiliki gelar Sarjana Teknik Mesin dari Universitas Trisakti, menjabat sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi untuk masa jabatan hingga tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Perusahaan. Beliau juga sebagai Komisaris Utama Perusahaan, Komisaris PT Ogasaka dan PT Deverindo Indograha Raya, Direktur Utama PT Intidana Wijaya, Komisaris Utama PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Nutirta Nusa Lestari dan PT Bumimandiri Wijaya.


Sri Hartati
Anggota

Warga Negara Indonesia, berusia 50 tahun, memiliki gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Persada Indonesia “YAI”. Bergabung dengan divisi accounting Perusahaan pada tahun 1998, tahun 2010-2017 menjabat sebagai Loss Prevention & Internal Audit Manager dan tahun 2018 menjabat sebagai Employee Compensate & Benefit Manager.


Masa Jabatan Komite Nominasi dan Remunerasi

Masa jabatan Komite Nominasi dan Remunerasi tidak boleh melebihi masa jabatan Dewan Komisaris dan dapat dipilih kembali sebagaimana yang dinyatakan dalam POJK No. 34/POJK.04/2014 tentang Pembentukan Komite Nominasi dan Remunerasi Emiten atau Perusahaan Publik.

Masa jabatan Komite Nominasi dan Remunerasi Perusahaan berlaku efektif terhitung sejak tanggal pengangkatan sampai dengan ditutupnya RUPS Tahunan pada tahun 2022.


Tugas dan Tanggung Jawab Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan kebijakan nominasi dan remunerasi.

Komite Nominasi dan Remunerasi memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai komposisi, kriteria dan calon anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris.
  2. Membantu Dewan Komisaris dalam melakukan penilaian kinerja Direksi dan Dewan Komisaris dalam rangka memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai kebijakan dan besaran remunerasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris.
  3. Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai struktur, kebijakan dan besaran remunerasi bagi Dewan Komisaris dan Direksi
  4. Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai program pengembangan kompetensi untuk Direksi dan Dewan Komisaris.
Independensi Komite Nominasi dan Remunerasi

Seluruh anggota Komite Nominasi dan Remunerasi merupakan para profesional dan dipilih sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi adalah bapak Michael Karnady yang juga menjabat sebagai Komisaris Independen, yang tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Dewan Komisaris, Direksi dan Pemegang Saham Utama Perusahaan. Beliau bertindak independen dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.


Pedoman Kerja Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi memiliki Piagam Komite Nominasi dan Remunerasi sebagai pedoman kerja atas pelaksanaan tugas, fungsi dan prosedur kerja.

Pedoman kerja Komite Nominasi dan Remunerasi senantiasa ditinjau kembali secara berkala untuk menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dari waktu ke waktu. Berikut adalah struktur dari Piagam Komite Nominasi dan Remunerasi:

  1. Pendahuluan.
  2. Keanggotaan Komite Nominasi dan Remunerasi.
  3. Tugas dan Kewenangan Komite Nominasi dan Remunerasi.
  4. Kode Etik.
  5. Rapat Komite Nominasi dan Remunerasi.
  6. Penutup.

Unit Audit Internal

Unit Audit Internal adalah unit kerja dalam Perusahaan yang menjalankan fungsi audit internal. Unit Audit Internal dibentuk dengan tujuan untuk membantu Direksi dan manajemen dalam mengelola Perusahaan untuk mencapai tujuannya, dengan menyusun suatu pendekatan yang sistematis dan teratur untuk melakukan pemantauan dan menelaah efektivitas pengelolaan risiko dan proses penerapan tata kelola perusahaan. Unit Audit Internal memiliki fungsi utama untuk memastikan bahwa Perusahaan telah melakukan proses pengelolaan dan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mendukung kepentingan dan tujuan dari Perusahaan.

Unit Audit Internal membantu Perusahaan dengan melaksanakan pendekatan dan prosedur yang sistematis dalam melakukan tugas pemantauan dan peningkatan efektivitas pengelolaan risiko dan tata kelola perusahaan yang baik. Unit Audit Internal melakukan kegiatannya secara independen dan objektif dalam mengevaluasi efektivitas pengendalian risiko dalam kegiatan usaha Perusahaan dan selanjutnya memberikan masukan dan rekomendasi untuk peningkatan efektivitas pengendalian risiko.


Piagam Audit Internal

Perusahaan memiliki Piagam Audit Internal yang ditetapkan oleh Direksi sebagai pedoman kerja Unit Audit Internal Perusahaan. Piagam Audit Internal senantiasa ditinjau dan diperbaharui guna disesuaikan dengan perkembangan usaha Perusahaan. Berikut adalah struktur dari Piagam Audit Internal:

  1. Pendahuluan.
  2. Keanggotaan Audit Internal.
  3. Tugas dan Kewenangan Unit Audit Internal.
  4. Kode Etik.
  5. Rapat Unit Audit Internal.
  6. Penutup.
Tugas dan Tanggung Jawab Unit Audit Internal

Sesuai dengan Piagam Audit Internal, Unit Audit Internal memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Menyusun dan melaksanakan rencana audit.
  2. Mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko.
  3. Melakukan penelaahan atas program efisiensi yang dilakukan oleh Perusahaan.
  4. Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif.
  5. Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan hasil tersebut kepada Direktur Utama.
  6. Melakukan pemantauan, analisa dan pelaporan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan.
  7. Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan.

Unit Audit Internal mempunyai wewenang sebagai berikut:

  1. Memperoleh seluruh informasi tentang Perusahaan.
  2. Melakukan komunikasi langsung dengan Direksi beserta seluruh jajaran manajemen.
  3. Mengadakan rapat secara berkala.
  4. Melakukan koordinasi dengan auditor eksternal.
Komposisi Unit Audit Internal

Unit Audit Internal Perusahaan dipimpin oleh 1 orang Manager Unit Audit Internal, membawahi 2 supervisor dan 9 staff. Manager Unit Audit Internal diangkat, diberhentikan dan bertanggungjawab kepada Direktur Utama.


Profil Manager Audit Internal


 

Jalex Paparang

Manajer Audit Internal

Manajer Unit Audit Internal saat ini adalah Jalex Paparang. Beliau memiliki gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Atmajaya Makasar. Beliau bergabung di Perusahaan pada tahun 2007 pada divisi operasional dan selanjutnya pada tahun 2018 ditunjuk oleh Direksi sebagai Internal Audit Perusahaan. Sebelumnya beliau berkarir di PT Matahari Putra Prima Tbk dengan jabatan terakhir sebagai manager operasional.

 

Persyaratan Auditor di Unit Audit Internal

Auditor di Unit Audit Internal wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki integritas dan perilaku yang profesional, independen, jujur dan objektif dalam menjalankan tugasnya.
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman audit dan disiplin ilmu lain yang relevan dengan bidang tugasnya.
  • Memiliki pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal dan peraturan perundang-undangan yang terkait lainnya.
  • Memiliki kecakapan untuk berinteraksi dan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis secara efektif.
  • Memenuhi standar profesi sebagai auditor dan bersedia mematuhi kode etik Audit Internal.
  • Menjaga kerahasiaan informasi dan/atau data Perusahaan.
  • Memahami prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko.
  • Bersedia meningkatkan kemampuan, keahlian dan pengetahuan.
Pengembangan Kompetensi Unit Audit Internal

Perusahaan senantiasa mengikutsertakan anggota Unit Audit Internal untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan kemampuan, seperti seminar, pelatihan atau workshop yang diselenggarakan oleh lembaga perbankan, Kantor Akuntan Publik dan Ikatan Akuntan Indonesia.


Laporan Unit Audit Internal

Kegiatan audit yang dilakukan pada tahun 2018 mengacu pada rencana kegiatan audit tahunan yang disetujui oleh Direktur Utama Perusahaan. Kegiatannya meliputi audit proses, risiko, kepatuhan terhadap kebijakan, hukum, dan peraturan.

Semua hasil kegiatan audit yang dilakukan oleh Unit Audit Internal dituangkan dalam laporan audit, berisi temuan dan rekomendasi untuk perbaikan yang harus ditindaklanjuti untuk mencapai tujuan Perusahaan.

Pada tahun 2018, kegiatan yang dilakukan oleh Unit Audit Internal adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan audit terhadap proses kegiatan bisnis di divisi operasional dan keuangan.
  2. Mengawasi pelaksanaan kontrol internal di semua toko untuk memastikan kepatuhan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
  3. Memberikan masukan untuk proses dan prosedur operasional standar di semua divisi di kantor pusat dan toko.
  4. Menilai produktivitas tenaga kerja untuk mengevaluasi efektivitas kinerja karyawan.
  5. Menindaklanjuti temuan penyimpangan dalam prosedur operasi standar Perusahaan.