Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan

Program tanggung jawab sosial dan lingkungan dirancang oleh Perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat.

Perusahaan menilai bahwa tanggung jawab social perusahaan merupakan bentuk investasi sosial yang dapat memberikan manfaat secara berkesinambungan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Perusahaan senantiasa bekerjasama dengan pemangku kepentingan masyarakat di sekitarnya guna memastikan kegiatan program tanggung jawab sosial tersebut dapat diterima secara tepat oleh masyarakat.

01/06
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KAMI

Program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

Aspek Lingkungan Hidup

  • Meminimalkan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan usahanya terhadap lingkungan sesuai ketentuan yang dinyatakan dalam dokumen AMDAL.
  • Mendukung gerakan penghijauan di daerah Jakarta dan sekitar, dengan kegiatan penanaman pohon dan urban farming.
  • Menerapkan program paperless dalam kegiatan operasional sehari-hari.
  • Menerapkan kebijakan penghematan penggunaan listrik, khususnya untuk mesin pendingin dan chillers.
  • Menggunakan kantong plastik belanja yang ramah lingkungan di seluruh toko.
  • Melaksanakan program pendidikan sekolah untuk implementasi 3R (reuse, reduce and recycle) dan untuk belajar tentang pengelolaan sampah di Indonesia, terutama di Jakarta dan Bekasi.

Aspek Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

  • Memberikan kesempatan pengembangan diri, kompetensi dan karir yang sama bagi seluruh karyawan, baik pria maupun wanita, tanpa memandang suku, agama.
  • Pengembangan dilakukan terutama didasarkan atas hasil seleksi dan hasil evaluasi kinerja.
  • Mendaftarkan seluruh karyawan yang memenuhi persyaratan sebagai peserta BPJS baik kesehatan maupun ketenagakerjaan.
  • Memiliki kebijakan program kesehatan bagi seluruh karyawan dan keluarganya untuk memberikan jaminan kesehatan yang mencakup penggantian biaya layanan rawat jalan dan rawat inap.
  • Mengembangkan potensi dan kemampuan seluruh karyawannya melalui penyelenggaraan program pelatihan. Pada tahun 2017, Perusahaan menyelenggarakan sejumlah 31.704 mandays untuk pelatihan karyawan.

Aspek Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

  • Merekrut tenaga kerja dari sekitar toko (tenaga kerja lokal).
  • Melaksanakan pemberdayaan sosial kemasyarakatan melalui program kemitraan dengan masyarakat dan komunitas-komunitas disekitarnya, diantaranya dengan melakukan kegiatan peringatan hari bumi serta pemberian donasi kepada masyarakat.
  • Memberikan bantuan dana untuk pendidikan saat perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Hari Natal serta bantuan sosial.
  • Memegang komitmen pada standar etika yang baik dalam hubungannya dengan segenap pemangku kepentingan. Seluruh karyawan harus menjalankan semua kegiatan dengan integritas, kejujuran, keterbukaan dengan berlandaskan kode etik Perusahaan.

Aspek Tanggung Jawab Produk

  • Menerapkan prinsip-prinsip dan prosedur ISO 9001 dalam melaksanakan kegiatan operasional.
  • Memiliki sertifikasi ISO 22000 dan HACCP untuk seluruh toko-toko Perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab kepada konsumen terkait kesehatan dan keselamatan produk.
  • Memiliki kebijakan dan prosedur untuk pelayanan dan menerima serta menanggapi keluhan konsumen dengan menyediakan call center dan media sosial seperti email korporasi dan email customer service.
  • Memperhatikan kualitas produk baru sebagai bentuk kepedulian atas mutu produk.
01/06